Sabtu, 17 Desember 2011

Valentino Rossi, Sang Legenda Moto GP

Valentino Rossi adalah sebuah legenda di balap motor Grand Prix. Para Penggemarnya di seluruh dunia selalu bersorak untuk sang Italia yang karismatik di setiap perayaan pasca balapan dan gaya mengendarai motor yang selalu menarik perhatian. The Doctor julukan yang melekat ini menjadi Juara dari ketiga seri motoGP, 125, 250, serta tahun terakhir kelas 500cc. 

Motto yang di pegangnyasepanjang karirvalentino rossi di motoGP "satu tahun untuk belajar, satu tahun untuk memenangkan"mengantarkannya menjadi sang legenda. Rossi memulai balapan GP di kelas 125 pada tahun 1996. 


valentino rossi

Tahun berikutnya ia menjadi juara GP termuda pada usia 16, memenangkan 11 putaran di sepanjang balapan. Dia pindah ke kelas 250 pada tahun 1998 di mana dia selesai di posisi 2 dengan 5 kemenangan. Pada tahun 1999 ia sekali lagi menjadi juara, (juara termuda 250 sampai saat ini), selalu mendominasi seri dengan 9 kemenangan. 


Tahun 2000 ia memenangi kejuaran dengan 11 kemenangan dan membuktikan dirinya sebagai salah satu pebalap motor Grand Prix terbesar sepanjang masa, setelah melalui persaingan yang ketat dengan Kenny Robert Jr. Dan pada tahun 2001 Menjuarai motoGP 500cc setelah mengalahkan saingan terberatnya Max Biaggi.

Kegagalan Rossi untuk mempertahankan gelarnya pada tahun 2006 di rebut Nickey Hayden setelah ia jatuh di final seri Valencia sehingga berujung pada hilangnya point untuk Rossi. Pada tahun berikutnya  2007 Rossi mulai bekerjasama dengan pabrikan yamaha untuk merebut gelarnya kembali.

Namun Pada tahun 2007 Kekuatan Ducati mulai mendominasi setiap  balapan yang  mengantarkan pada peraihan gelar juara dunia untuk Casey Stoner. Pada tahun 2008 Fiat Yamaha motor yang di tunggani Valentino Rossi mengambil alih dominasi dan peraihan gelar kembali bagi the Doctor.  

Tahun berikutnya 2009 Rossi berulang feat, mencetak gelar juara dunia kembali. The Doctor mulai mendapatkan persaingan yang terbesar dari rekan setimnya Jorge Lorenzo. Dominasi Jorge Lorenzo di tahun 2010 dan kecelakaan yang menimpa Rossi hingga harus absen di beberapa seri membuat rekan setimnya tetap melenggang dengan nyaman untuk menjuarai MotoGp pertamanya tahun 2010.

Musim 2011 Rossi memutuskan untuk bekerjasama dengan Ducati untuk merubah performa Ducati yang semnakin melorot. Musim 2011 adalah tahun terberat bagi Rossi, bagaimana tidak gelar dan rekor yang di pegangnya selama ini harus hilang kerena tidak satupun Rossi menjuarai 1 musim dengan podium.


Tahun 2012 era dimulainya 1000cc menjadikan Valentino Rossi dan Ducati team terus mengembangkan motor yang lebih bersaing dengan pabrikan jepang dan sebuah tantangan untuk kembali menjuarai kelas premier MotoGP.

0 comments:

Poskan Komentar

 
Copyright 2013 Berita Moto GP. All rights reserved.
Themes by Ex Templates Blogger Templates