Profile Casey Stoner
Repsol Honda Team
Bike: Honda
Southport
16/Oct/1985
Weight: 58 kg
Height: 171 cm
Casey Stoner dilahirkan Southport, Australia. Bakat stoner sudah di milikinya sejak kecil dengan dukungan kedua dari kedua orang tuanya, Ia menjuarai NSW Australia dengan 32 kemenangan dari 35 balapan. Bahkan untuk mendukung bakat Stoner orang tuanya rela pindah ke Inggris karena di Australia tidak di ijinkan membalap sampai usia 16 tahun.
Di Inggris, Casey Stoner mendapatkan sponsor dari Aprilian di ajang Championship Inggris dikelas 125cc pada tahun 2000 untuk memulai karir balapnya yang pertama. 2001 Stoner tetap mengikuti Championship Inggris dan spanyol yang disponsori Aprilian dan Telefonica Movistar di kelas 125cc spanyol.
Tahun 2002 Stoner mulai mengikuti Motor Grand Prix seri dunia untuk tim Oxydo Safilo LCR ( Honda Satelit ) untuk langsung naik kelas ke mesin 250cc dan menjadi rookie of the year pada usianya yang baru 16 tahun dengan kemampuan dan kecepatan dengan hasil yang luar biasa.
Pada tahun 2003 ia melanjutkan bersama Lucio dan Safilo Oxydo LCR di seri GP 125cc dan mengambil podium empat diakhir musim. Pada tahun 2004, pada usia 18 tahun, Casey pindah ke KTM untuk membantu pengembangkan mesin motor 125cc. Tahun itupula ia berhasil memenangi podium enam kali dan menjadikannya sebagai pebalap pertama yang menang bersama KTM di kelas GP.
2005 Stoner tetap bekerja sama dengan Lucio Cecchinello namun dengan menunggangi Aprilia 250cc pabrikan resmi.
Pada tahun 2007 Casey Stoner telah bergabung dengan Tim Ducati Marlboro bersama Loris Capirossi, dengan cepat bisa menyesuaikan motor pabrikan Italia Desmosedici GP7 dan ban Bridgestone.
Pada tanggal 10 Maret 2007, di Losail International Circuit Qatar, Stoner memenangkan grand prix pertama musim itu, pertama yang pernah 800cc grand prix, dan memiliki kemenangan pertama di kelas MotoGP. Setelah itu Ia mampu mengambil sembilan kemenangan, empat podium lebih selesai dan mencetak lima posisi tercepat.
Pada 23 September, di Jepang, Stoner bersama Ducati MotoGP World Championship menjadi pebalap pertama dalam lebih dari 30 tahun untuk memenangkan gelar MotoGP pada sepeda yang dibuat Eropa dan termuda kedua kelas premier Juara Dunia, setelah Amerika legenda Freddie Spencer yang memenangkan nya judul pada tahun 1983, dan pada waktu itu 84 hari lebih muda dari Stoner.
Peningkatan menjelang akhir musim dengan dua podium dan dua kemenangan meyakinkan, di Australia dan di babak final di Valencia, Stoner berarti bahwa menutup musim sebagai juara wakil-tahun 2008 dengan mencetak poin tertinggi yang pernah ada.
Ducati adalah produsen yang meraih kemenangan terbanyak di kelas 800cc, dengan 17 kemenangan dalam 36 balapan. Sehari setelah GP Valencia, dan segera sebelum menjalani operasi pada skafoid yang retak, Casey Stoner berpartisipasi dalam tes musim dingin pertama barunya bersama timnya Nicky Hayden, mulai persiapan Kejuaraan Dunia 2009 di papan Desmosedici GP9 dengan sasis serat karbon baru.
Pada tahun 2009 dan 2010 Stoner kembali terlibat dalam perjuangan untuk gelar MotoGP, pada musim yang ditandai oleh keberhasilan dan saat-saat sulit. Pebalap Australia, setelah keberhasilan pembukaan lomba dan podium pertama di Jerez dengan Ducati, juga penghargaan produsen Italia dengan pertama pernah menang di Mugello. Stoner tampaknya siap untuk pertempuran itu keluar sampai akhir melawan Valentino Rossi, Lorenzo dan Pedrosa, yang bersama-sama adalah empat pengendara yang menunjukkan keunggulan atas sisa pak sepanjang musim 2009.
2011 Casey stoner bekerjasama dengan pabrikan Honda dengan menunggangi RC212V dan berhasil memenangi 9 kemenangan dalam satu musim dan menjadi pol position hingga mengantarkannya menjadi Juara Dunia Motor GrandPrix yang kedua bersama Honda.
Di tahun 2012 mampukah Casey Stoner bersama Honda untuk tetap mempertahankan gelar juaranya? ..
0 comments:
Posting Komentar